Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

PROGRAM KERJA LITBANG

1.         TEKNOLOGI EXPO (TE)
a.    Latar Belakang
Dalam dunia keteknikan sekarang ini perkembangan sebuah teknologi sangat pesat, maka mahasiswa fakultas teknik sebagai calon sarjana teknik harus mampu menyerap ilmu tersebut semaksimal mungkin. Mahasiswa Fakultas Teknik Unsika membutuhkan sebuah kegiatan yang mampu menambah pengetahuan dan waswasan tentang teknologi yang ada sekarang ini. Adanya hal tersebut maka BEM FT Unsika melalui bidang penelitian dan pengembangan organisasi (LITBANG) membuat terobosan baru dengan adanya program kerja pameran teknologi baik yang diciptakan mahasiswa atau siswa-siswi sekolah SMK/SMA/MA/Sederajat. Oleh sebab itu, program kerja ini sangat positif dan bermanfaat untuk diadakan.
b.   Tujuan
Teknologi Expo ini bertujuan untuk menambah ilmu pengetahuan dan pemahaman tentang ilmu keteknikan serta menginspirasi ataupun memotivasi diri bagi mereka yang ikut berpartisipasi didalamnya.

2.         KUNJUNGAN INDUSTRI MAHASISWA TEKNIK (KIMTEK)
a.     Latar Belakang
Dunia industri merupakan gerbang pengaplikasian dari seluruh ilmu keteknikan yang sangat lengkap dan menyeluruh. Teknologi yang digunakan dalam dunia industri saat ini sudah sangat maju bahkan sudah ada yang menggunakan robot dalam menyelesaikan pekerjaann. Mahasiswa Fakultas Teknik Unsika membutuhkan sebuah pembelajaran baru dalam ilmu keteknikan yang tidak bisa didapatkan dalam perkuliahan. Maka mahasiswa membutuhkan sebuah kegiatan yang menggambarkan secara nyata (real) tentang ilmu keteknikan dalam dunia industri. Sekarang ini ilmu keteknikan yang ada di Fakultas Teknik Unsika yaitu teknik industri, teknik mesin, dan teknik elektro. Sehingga bidang penelitian dan pengembangan organisasi (LITBANG) membuat program kerja sebuah kegiatan kunjungan industri di pabrik yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa Fakultas Teknik Unsika agar mahasiswa bisa melihat, menyerap ilmu yang ada di pabrik yang akang dikunjungi nantinya.
b.      Tujuan
Kunjungan Industri Mahasiswa Teknik ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan memperluas wawasan mahasiswa terhadap dunia luar kampus khususnya dalam dunia kerja.

3.         KELOMPOK PROGRAM PERANCANGAN TEKONOLOGI (KEPOTEK)
a.     Latar Belakang
Sejauh ini sudah banyak kampus negeri atau swasta yang mampu merancang dan membuat suatu alat atau produk berteknologi modern yang ramah lingkungan. Kampus Unsika khususnya fakultas teknik saat ini tertinggal jauh dengan kampus lain yang sudah mampu merancang dan membuat alat atau teknologi ramah lingkungan, contohnya Kampus ITS (Institute Teknologi Sepuluh November) dengan mobil listriknya. Berangkat dari semua itu, maka BEM FT Unsika melalui bidang LITBANG membuat program kerja perancangan dan pembuatan alat berteknologi modern yang ramah lingkunga. Oleh sebab itu, program kerja ini bisa menjadi gerbang awal riset teknologi modern yang nantinya sangat bermanfaat bagi semua pihak.
b.      Tujuan
Kelompok Program Perancangan Teknologi (KEPOTEK) ini bertujuan untuk melakukan sebuah perancangan alat atau produk teknologi serta dapat membuat prototype dari perancangan tersebut.

© BEM FT UNSIKA. Kabinet Kolaborasi. Premium By Raushan Design